Hai, selamat datang di blog saya | Nama saya Ridwan, mahasiswa baru di salah satu PTK Indonesia.. | Semoga pembaca dapat menikmati blog saya yang sederhana ini.. ;)

Mengubah Domain blogspot dengan Domain dot.tk GRATIS

oke kali ini saya mau share bagaimana caranya membuat domain di dot.tk , soalnya pasti kalian bosen biasanya para blogger pake menggunakan namaanda.blogspot.com ataupun namaanda.co.cc
dan yang pasti semuanya gratis :D hehe seperti contohnya web blog saya ini www.bungahitam.tk yang asalnya ridwan-tik.blogspot.com
yuk langsung aja!

1. buka dulu website nya (Klik pada gambar di bawah)



2. maka akan muncul seperti ini


3. kamu masukan nama domain yang di inginkan, disini saya ambil contoh latihan.tk. bila nama domain yang anda inginkan tersedia, maka akan tampil  seperti ini



4. lalu di opsi “Use your new domain” centang pilihan “Use DNS” dan pilih "Your own DNS". Pada kolom Name server isikan dengan “ghs.google.com” (kita bakalan ambil contoh server di blogspot, tapi nanti juga bisa di edit). di pilihan "Registration length" kalian bisa memilih berapa lama domain yang akan dibuat (maksimal 12 bulan) Isi karakter huruf pada kolom yang ada.
kalo sudah, klik "SIGN UP"


5. sekarang anda bebas pilih mau log in menggunakan account social networking anda atau menggunakan e-mail. tapi saya sarankan menggunakan e-mail, dengan menekan "Use your email address to signup!"
kalo sudah klik "Next", isikan nama dan password lalu klik "Create Account" maka kalian harus membuka e-mail untuk verifikasi.

6. setelah membuka link verifikasi, silahkan kalian masukkan kode verifikasinya yang ada di e-mail tadi.

7. selanjutnya log in dengan akun kalian. lalu masuk ke “My Domains” -> “List  my domains”. Pada halaman “List my domains”, pilih domain yang mau di setting, kemudian klik “modify”.


8. Langkah selanjutnya, kita akan dihadapkan dengan halaman setting domain, dimana terdapat tiga pilihan pengaturan yaitu :
  1. Domain forwarding
  2. Use Dot TK Free DNS Service
  3. Use Custom DNS Service
Silahkan pilih opsi 2 “Use Dot TK Free DNS Service” kemudian klik “Configure” disebelah kanannya. Pada kolom “Type” terdapat 3 pilihan Record, yaitu :  A, CNAME dan MX. Pilih :
  • Type = CNAME
  • Host Name = www.domainkita.tk ( contoh saya isi dengan www.latihan.tk)
  • IP Address = ghs.google.com

Lalu klik "Next"

Sampai di sini sebenarnya setting domain dot tk untuk blogspot sebenarnya sudah cukup. Tetapi, blog kita nanti tidak dapat diakses tanpa mengetikkan WWW di address bar browser (contoh http://latihan.tk).

9. sekarang buka beranda blog anda, lalu pilih tab "Setelan" dan pilih "Penerbitan"


10. isikan Domain Anda dengan alamat domain yang kita buat tadi (contoh www.latihan.tk), lalu jangan lupa isi verifikasi kata dan klik "Simpan Setelan"

11. Sukses :D sekarang hanya tinggal menunggu waktu sampai kita bisa mengakses alamat baru kita www.latihan.tk yang kurang lebih prosesnya 30 menit.

12. Bila kamu ingin merubah nama sebuah link yang panjang menjadi sesuai keinginan kamu bisa juga di download softwarenya (Klik pda gambar)




Sekian tutor dari saya, semoga bisa membantu kalian :)

4 comments:

  1. kalo udah dirubah, kita ga bisa buka blog yng masih pake blogspot.com

    solusinya gmn?

    ReplyDelete
  2. Kalo untuk itu kan ada di settingan blogger nya gan, di setting aja jadi nanti buat yang buka blogspot.com nya akan otomatis redirect ke domain yang baru

    seperti contoh kunjungi aja http://www.ridwan-tik.blogspot.com maka akan otomatis redirect ke web ini

    semoga membantu :)

    ReplyDelete
  3. oh, sip sip


    tapi kok ketika saya setelah merubah ke dot tk, lalu membuka domain blogspot orang lain, ada muncul pesan error dari google yg keluar sama pd blog saya sblmnya
    knp ya?

    ReplyDelete
  4. errornya gimana dulu nih?

    atau mungkin ada kesalahan di dns nya?
    coba cek ulang lagi, kalu masih kaya gitu coba di tambahin DNS nya
    Type = A
    Host Name = domainkita.tk (gapake www.)
    IP Address = (isi pake ip web kita, cek ip nya pake cmd "ping domainkita.tk")

    oh, iya jangan lupa buka e-mail takutnya ada masalah dari dot.tk nya

    kalo masih belum membantu, maaf ya gan kemampuan saya cuma sampe sini :)
    sekali lagi makasih udah berkunjung di web blog saya.

    ReplyDelete

Kembali ke atas