Hai, selamat datang di blog saya | Nama saya Ridwan, mahasiswa baru di salah satu PTK Indonesia.. | Semoga pembaca dapat menikmati blog saya yang sederhana ini.. ;)

Full Download and Review Windows 8 Developer Preview

Akhirnya Microsoft merilis Windows 8, yah meski belum pada versi Final Release melainkan versi Developer Preview (pre-beta). Meskipun begitu membuat saya cukup penasaran dengan OS Windows versi baru ini. Berhubung Microsoft Windows 8 ini masih dalam versi ‘ICIP-ICIP‘, pengguna yang ingin sekedar menjajal Windows 8 dipastikan bisa menjajal secara FREE, LEGAL dan HALAL, gak perlu bajak membajak pastinya. Sebenernya hanya ditujukan untuk developer, tapi pengguna biasa juga diijinkan untuk mencoba. Akan tetapi resiko ditanggung sendiri, mengingat versi ini masih jauh dari sempurna yang tentunya ada bug atau ketidakstabilan. Saat ini saya hanya bisa sekedar berbagi info mengenai tampilan-tampilan Windows 8 dan link download Windows 8 Preview ini. Kalau saya sudah berhasil download Windows 8 Preview yang file size-nya mencapai 2.8 GB, Insya Allah saya akan berbagi pengalaman menjajal Microsoft Windows 8 Preview.

Tampilan Windows 8 Developer Preview

Kehadiran Windows 8 untuk menjembatani antara penggunaan pada komputer PC dan tablet PC, yang artinya Windows 8 optimal dipakai pada komputer PC dan tablet PC. Untuk penggunaan Windows 8 pada tablet PC, tampilannya akan serupa dengan Windows Phone 7 dimana aplikasinya disusun dalam bentuk kotak-kotak. Bentuk kotak-kotak ini pasti akan sangat membantu bagi pengguna yang jarinya gede-gede, hehehe…. User interface atau tampilan di Windows 8 untuk tablet PC ini dijuluki sebagai Metro. Untuk penggunaan pada komputer PC, pengguna bisa memilih menggunakan tampilan Desktop View yang tentunya akan lebih optimal pada perangkat komputer PC.
Windows 8 – Start Screen
Tampilan desktop Start Screen menampilkan aplikasi-aplikasi yang siap dijalankan tampilan depan, bisa dibilang shortcut kali ya. Tampilan yang mirip Windows Phone 7 dengan menu aplikasi kotak-kotak ini dioptimalkan untuk tablet PC dan dijuluki sebagai Metro.

Windows 8 – Lock Screen
Tampilan Windows 8 dalam keadaan terkunci. User bisa menampilkan email yang belum terbaca atau beberapa aplikasi lainnya untuk ditampilkan ketika Windows 8 dalam keadaan terkunci.

Windows 8 – Files
Tampilan ketika mengakses file, dimana gambar dibawah menampilkan galeri foto.



Windows 8 – Internet Explorer
Tampilan Windows 8 saat melakukan browsing dengan browser Internet Explorer. Nantinya akan menggunakan Internet Explorer 10.



Windows 8 – Thumb Keyboard
Tampilan virtual keyboard yang dipecah ke sisi yang dinamakan ‘Thumb Keyboard‘, untuk memudahkan mengetik ketika memegang tablet PC. Android dan iOS sudah ada fitur ini.

Windows 8 – Touch Keyboard
Tampilan virtual keyboard secara default.

Windows 8 Desktop View – Desktop
Tampilan Desktop di Windows 8 untuk komputer PC.

Windows 8 Desktop View – Task Manager
Tampilan Task Manager di Windows 8 Desktop View.

Windows 8 Desktop View – Microsoft Visual Studio 11 Express for Windows Developer Preview


Download Windows 8 Developer Preview

Meski Windows 8 Developer Preview sebenernya ditujukan untuk developer, tapi pengguna biasa juga bisa menjajalnya. Tentunya resiko ditanggung sendiri, mengingat versi ini masih jauh dari sempurna yang tentunya ada bug atau ketidakstabilan.
Windows 8 Developer Preview memiliki 3 versi yang bisa didownload, diantaranya:

1. Windows Developer Preview with developer tools English, 64-bit (x64)
DOWNLOAD (4.8 GB)

2. Windows Developer Preview English, 64-bit (x64)
DOWNLOAD (3.6 GB)

3. Windows Developer Preview English, 32-bit (x86)
DOWNLOAD (2.8 GB)

File download Windows 8 Developer Preview ini dipublikasikan disitus resmi Microsoft di http://msdn.microsoft.com/en-us/windows/apps/br229516.

System Requirements Windows 8 Developer Preview
Komputer yang bisa menjalankan Windows 7 juga bisa menjalankan Windows 8 Developer Preview, dimana sistem yang dianjurkan :
  • 1 gigahertz (GHz) or faster 32-bit (x86) or 64-bit (x64) processor
  • 1 gigabyte (GB) RAM (32-bit) or 2 GB RAM (64-bit)
  • 16 GB available hard disk space (32-bit) or 20 GB (64-bit)
  • DirectX 9 graphics device with WDDM 1.0 or higher driver
  • Taking advantage of touch input requires a screen that supports multi-touch
  • To run Metro style Apps, you need a screen resolution of 1024 X 768 or greater
Berminat menjadi salah satu pengguna yang menjajal Windows 8 Developer Preview? Microsoft mengklaim Windows 8 Developer Preview ini sudah didownload 500.000 kali hanya dalam waktu 12 jam sejak direlease secara resmi (BACA). Bisa dikatakan cukup banyak yang ingin menjajal.
Windows 8 dengan Metro Interface atau Windows Phone 7 dengan interface aplikasi kotak-kotaknya memang terlihat sangat mudah dipakai, tapi kurang begitu menarik buat saya. Kalau menurut kamu bagaimana?

Sumber: http://galuhristyanto.web.id

0 comments:

Post a Comment

Kembali ke atas