Hai, selamat datang di blog saya | Nama saya Ridwan, mahasiswa baru di salah satu PTK Indonesia.. | Semoga pembaca dapat menikmati blog saya yang sederhana ini.. ;)

Troubleshooting: Mengatasi dan Merawat Laptop yang Overheat

Siapa yang tidak kesal, kalau kita lagi asik-asiknya maen dengan laptop kita tersayang eh tiba-tiba si laptop langsung mati/restart? tentunya itu sangat mengganggu dan cukup mengkhawatirkan bagi kita haha.
Baik kali ini saya akan sedikit berbagi tips untuk Mengatasi dan Merawat Laptop yang Overheat. Tips ini saya dapatkan dari teman-teman saya pengguna laptop dan juga pengalaman saya sendiri.
Berikut langsung tips-tipsnya:
  1. Kurangi aplikasi yang berjalan pada OS anda, baik yang sedang berjalan ataupun yang ada pada system tray. Gunakan Visualisasi yang seminimum mungkin.
  2. Coba untuk undervolt
  3. Limit speed dari corenya (bisa menggunakan software bawaan laptop ataupun pake software lain seperti Throttle Stop), atau bisa di atasi dengan memilih profil battery yang paling sedikit mengambil core.
  4. Gunakan Cooling Fan, tapi disarankan untuk menggunakan posisi Cooling Fan dengan terbalik (hal ini jadi Cooling Fan akan mengeluarkan udara panas yang ada di laptop, bukannya menembakkan ke dalam laptop) <- cara ini yang sering saya lakukan bila benar-benar Overheat, dan ini sangat membantu 
  5. Bila semua cara di atas tidak membantu, bongkar laptop anda dan bersihkan HSF laptopnya. Karena mungkin ada debu atau masalah pada HSF laptopnya.

Sekian tips mengatasi Overheat laptop dari saya, semoga dapat membantu kalian.

0 comments:

Post a Comment

Kembali ke atas