Hai, selamat datang di blog saya | Nama saya Ridwan, mahasiswa baru di salah satu PTK Indonesia.. | Semoga pembaca dapat menikmati blog saya yang sederhana ini.. ;)

Troubleshooting: Memperbaiki dan menyelamatkan MMC yang Corrupt/Rusak

Oke, ini post kelima untuk hari ini (wah lagi rajin nih haha). Sekarang saya akan membahas bagaimana caranya Menyelamatkan dan Memperbaiki MMC yang rusak.
Kalian pasti tau MMC, ya itu adalah memory yang sering kita gunakan di perangkat digital seperti HP, Kamera, dll. Tapi bukan tidak mungkin MMC pun dapat mengalami kerusakan, yah pasti kita tidak mau MMC tersebut rusak, apalagi di MMC tersebut menyimpan data yang cukup penting seperti foto, video atau apapun itu jenisnya.
Bila kita menemui kerusakan misalnya seperti corrupted, kita masih bisa memperbaiki dengan beberapa cara. Berikut akan saya share:
Cara 1:
Hubungkan MMC yang rusak tersebut ke komputer/laptop
Saat telah terdeteksi di komputer/laptop, kita Properties Drive MMC kita tadi
Lalu pilih tab "Tool", dan klik "Check Now"
pada option centang  automatically check sistem for error dan scan for and attempt recovery of bad setor dan pilih lalu Start.
Setelah selesai masukan kembali MMC tadi ke perangkat anda tadi
Bila berhasil maka MMC akan kembali seperti semula

Cara 2:
Bila cara 1 tidak berhasil, berarti MMC kita sudah rusak. Kita hanya bisa menggunakan Software Recovery untuk mengambil data-data yang penting. Ada banyak sekali software yang bisa di gunakan, tapi saya menyarankan untuk menggunakan "FileRecovery for MultiMediaCard" yang bisa kalian download disini

Cara 3:
Lakukan Format pada MMC, bisa lewat HP ataupun komputer/laptop. Ini akan menghapus semua data, tapi MMC selamat. Nah untuk menyelamatkan data yang terhapus seperti ini, kita bisa menggunakan software recovery seperti pada Cara 3, untuk menyelamatkan data yang telah terformat saya menyarankan menggunakan iCare Data Recovery yang bisa di download di internet.

Cara 4:
Beli MMC baru hihi :D bercanda

Sebenarnya ini adalah cara standar yang digunakan untuk memperbaikin tempat penyimpanan digital, bisa juga dihunakan untuk Hardisk komputer/laptop loh.

sekian ya, terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Kembali ke atas