Hai, selamat datang di blog saya | Nama saya Ridwan, mahasiswa baru di salah satu PTK Indonesia.. | Semoga pembaca dapat menikmati blog saya yang sederhana ini.. ;)

Mengenal Mac Address : Apa Fungsi Utama dari Mac Address

Apa Fungsi Utama dari Mac Address – sedikit mengenal fungsi dari Mac Address, akan sedikit menambah wawasan kita mengenai dunia internet secara umum dan pengaplikasiannya dalam internet jaringan, selain dari ipaddress Mac Address adalah hal utmana untuk mengidentifikasi dan sebagai pembeda sobat dengan perangkat lainnya.


Media Access Control (MAC) adalah alat penting yang digunakan dalam komputer jaringan untuk secara unik mengidentifikasi interface jaringan. Banyak jenis teknologi jaringan menggunakan alamat MAC, tetapi yang paling umum adalah penerapannya dalam koneksi jaringan Ethernet, yang merupakan jenis yang paling banyak digunakan komputer untuk terhubung ke router dan modem.

Tujuan Mac Address
Fungsi utama dari alamat MAC adalah memudahkan untuk router dan perangkat jaringan lainnya untuk secara unik mengidentifikasi setiap jenis perangkat yang melekat pada jaringan dalam beberapa cara. Ini digunakan di kebanyakan bentuk jaringan komputer dan telah berkembang digunakan untuk menunjukkan bahwa Institute of Electrical dan Electronics Engineers (IEEE) telah diadopsi sebagai standar industri.

Asal Mac Address
Alamat MAC biasanya ditugaskan untuk perangkat jaringan-menghubungkan dengan produsen bila perangkat fisik dibuat. Alamat disimpan dalam on-board memori perangkat atau oleh beberapa jenis lain dari jenis firmware, dan dipancarkan setiap kali terhubung ke jaringan. Alamat MAC tidak selalu ditetapkan oleh produsen dan dapat ditugaskan oleh switch jaringan untuk mewakili sekelompok perangkat antarmuka jaringan lainnya.

Skema Penamaan Mac Address
Ketika alamat MAC yang ditetapkan, mereka harus mengikuti standar yang ditetapkan oleh IEEE. IEEE 802 standar berasal dari metode pengalamatan Ethernet komputer awal. Tiga sistem yang berbeda penomoran drive penugasan alamat MAC yang unik dan digunakan dalam konteks yang berbeda administrasi. Metode penamaan dipelihara oleh IEEE memberikan sekitar 280000000000000 kombinasi alamat yang mungkin.

Jenis utama Mac Address
Dua jenis utama dari alamat MAC EUI-48 dan MAC-48. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa EUI-48 alamat yang ditugaskan untuk perangkat lunak dan perangkat yang terhubung ke jaringan, sedangkan MAC-48 alamat yang diberikan ke perangkat keras jaringan. MAC-48 format bisa ditemukan di Ethernet, 802.11 jaringan berbasis nirkabel, Bluetooth dan di dalam jaringan besar lainnya switch digunakan oleh perusahaan telekomunikasi. EUI-48 alamat tidak digunakan dalam banyak cara tetapi masih ditemukan dalam teknologi jaringan Firewire, IPv6 dan segmen kecil pribadi jaringan internet nirkabel.

Sumber : ehow.com

Baca juga artikel lainnya  Alfaonline.com : Toko belanja online murah, Promo heboh jual barang hanya Rp 1,-

1 comments:

Kembali ke atas