Hai, selamat datang di blog saya | Nama saya Ridwan, mahasiswa baru di salah satu PTK Indonesia.. | Semoga pembaca dapat menikmati blog saya yang sederhana ini.. ;)

Troubleshooting: Memperbaiki Harddisk Bad Sector

troubleshoot harddisk
Bagaimana memperbaiki bad sector harddisk, bad sector adalah kondisi dimana hardisk mengalami gangguan atau tidak berjalan sebagaimana mestinya, kondisi hardisk bad sector bisa menyebabkan laptop/komputer menjadi lambat tetapi tetap masih bisa digunakan, kadang hardsik bad sector menimbulkan bunyi kresek di laptop/komputer.

Apa penyebab bad sector hardisk?

Secara umum kerusakan hardsik di istilahkan dengan bad sector, dimana bis dibedakan menjadi dua yaitu kerusakan hardsik (bad sector) secara fisik dan bad sector secara software, Penyebab utama bad sector fisik adalah adanya gangguan langsung ke hardisk secara langsung, misalnya guncangan, benturan. untuk bad sector secara software adalah kondisi di sebabkan diluar dari kejadan fisikal tadi, misalnya gangguan listrik pada saat hardisk sedang bekerja, atau kebiasaan me nonaktifkan komputer tanpa shootdown.

Cara memperbaiki bad sector hardisk

untuk memperbaiki hardisk yang mengalami kerusakan (bad sector) bisa di lakukan dengan berbagai cara dan tergantung tingkat kerusahakan yang di alami, secara umum hardisk dengan kerusakan fisik jarang bisa diperbaiki, tetapi bad sector secara software umumnya masih bisa di perbaiki.

Memperbaiki hardisk bad sector dengan command prompt

Sobat bisa memperbaiki bad sector dengan membuka menu RUN dan ketik CMD, Selanjutnya ketik chkdsk c: /f dan selajutnya sobat akan di minta untuk merestart komputer sobat, cara ini bisa berlaku jika tingkat kerusakan hardisk masih tahap awal.

Memperbaiki hardisk bad sector dengan software bantu

ada beberapa macam  software/program komputer yang bisa digunakan untuk memperbaiki hardik yang bad sector, di antaranya adalah
  1. HDD Low Level Format Tool
  2. Fujitsu IDE Low level Format Utility
  3. Seagate’s Seatools for Windows dan Seagate’s Seatools for DOS
  4. Western Digital Data Lifeguard Diagnostics
Sebenarnya dengan melakukan format ulang hardisk itu sudah termasuk salah satu cara untuk memperbaiki hardisk yang bad sector, Dulu masih saman – samanya windows 98 mengatasi bad sector yaitu dengan membuat Partisi hardiks yang banyak, dan tidak menggunaka partisi yang tdk bisa di Format. Entahlah apakah cara ini masih berlaku pada windows 7 dan lainnya, itulah beberpa cara Memperbaiki Bad Sector Harddisk.

1 comments:

  1. Ini masih bisa banget, banyak kasus badsector yang bisa terselamatkan datanya. Coba konsultasi aja dulu
    Baca ini https://qr.ae/pGBclq , biar ga salah pilih tempat servis hardisk.. tempat servis sekarang banyak yang nyoba nyoba doang, malah ilang selamanya gitu datanya.

    ReplyDelete

Kembali ke atas